Terinspirasi dari DRAKOR

I am not a robot.
Kalian udah nonton belum drakor ini? Bagi kalian pecinta drama Korea mungkin udah ya,  buat yang belum,  kalian gak harus nonton dramanya dulu kok karena aku udah sertakan potongan video dari drama itu,  jadi bisa dilihat di Instagram aku ya...  (@zulfazzaa).

Jadi ceritanya begini,  sebelum mulai pelajaran di kelas,  aku biasanya cari-cari inspirasi ice breaking lewat youtube,  instagram, dll.  Biar anak-anak lebih menikmati pelajaran saat aku sama mereka di kelas. Nah tapi,  diluar kebiasaan, aku gak nyangka, baru kali ini aku bisa dapet inspirasi dari drama korea, bukan dari youtube atau instagram yang mana aku harus ketik kata-kata ice breaking di kolom searching dulu .

Aku lupa ada di episode berapa,  di situ adegan Kim Min Kyu (Yoo Seung Ho)  lagi galau banget karena masa percobaan robot AG3 palsu alyas Jo Ji A (Chae So Bin) sudah selesai. Jadi mereka berdua dan team Santa Maria sedang makan-makan gitu di kedainya Sun Hye (Lee Min Ji), dan tiba-tiba mereka pengen makan ice cream, yang mana menu itu gak ada di kedai Sun hye,  jadi salah satu dari mereka harus jalan dan keluar untuk membeli kudapan tersebut.  Nah,  cara pemilihannya itu merka pakai permainan "5 KESEMPATAN".

Kurang lebih,  begini aturan mainannya:
1. Permainan ini bisa dimainkan oleh 3 orang,  semakin ramai semakin seru.
2. Buat kesepakatan,  apa konsekuensi bagi pemain yang kalah.
3. Dimulai dari salah satu pemain,  mereka sebutkan salah satu kriteria, diawali dengan kata-kata "lipat jari kamu apabila (sebut kriterianya)" kriterianya bebas,  tapi kriteria spesifik bisa kita pakai buat mengintai salah satu peserta yang kita incar hahaha. Contoh: lipat jari kamu apabila kamu perempuan, lipat jari kamu apabila kamu memakai baju berwarna putih,  dan lain sebagainya.
4. Bagi peserta yang memiliki kriteria yang disebutkan,  maka dia harus melipat salah satu jarinya.
5. Penyebutan kriteria dilanjutkan oleh peserta lain di sebelahnya secara bergilir.
6. Bagi peserta yang kelima jarinya terlipat lebih dulu,  dia dinyatakan kalah.

Aku sudah coba permainan ini di beberapa kelas,  dan ternyata bener-bener seru.  Aku gak habis pikir,  anak-anak lebih kreatif dalam menyebutkan kriteria, yang bikin aku ketawa,  senyum-senyum sampe sakit perut.  Jadi waktu itu aku bikin kesepakatan sama anak-anak di kelas,  bagi peserta yang kalah,  harus menjawab 5 soal yang sudah aku siapkan di kertas hvs,  kalau jawaban anak yang kalah itu benar semua,  maka kelas tersebut bebas dari tugas (hari itu),  tapi kalau anak yang kalah itu salah dalam menjawab soal yang sudah disiapkan,  maka 1 kelas harus bantu mengerjakan soal tersebut di buku latihan masing-masing, boleh diselesaikan secara diskusi atau kerjasama.  Jadi adil kan?  Kalau 1 anak yang kalah tadi tidak mampu menjawab,  yaa sekelas harus kompak dapat hadiah hehhehe.

Akhirnya...  Dimulailah permainan ini, kebetulan di kelas ada sekitar 29 anak, jadi rame yah,  semua anak aku ajak berpartisipasi dalam permainan ini,  kita buat lingkaran besar dan dimulai dari aku sendiri yang menyebutkan kriteria. "lipat jari kamu apabila kamu berkacamata", awalnya anak-anak menyebutkan kriteria yang biasa-biasa aja,  tapi lama-kelamaan permainan semakin seru dan lucu. Mereka benar-benar kreatif waktu itu. Ada yang sebut :

"lipat jari kamu apabila kamu kangen mama"
"lipat jari kamu apabila kamu punya hutang"
"lipat jari kamu apabila kamu gagal move on"
"lipat jari kamu apabila kamu suka kopi"
"lipat jari kamu apabila kamu pernah kepepet pakai toilet ustazah" (ooppss ketauan kan nakalnya)
"lipat jari kamu apabila kamu belum mandi" (karena waktu itu masuk kelas sore,  jadi bawa-bawa acara belom mandi,  jangan suudzon yah,  insya Allah mereka rajin mandi hahha)
Dan bahkan...
Ada yang sebut:
"lipat jari kamu apabila kamu ngefans sama ustazah Zulfa" dan beberapa anak melipat jari mereka....  oooooaaalaahh nakk maasya Allah,  tabaarakallah,  tersanjung aku nak... Hehhee

Seseru itu permainan "5 Kesempatan" ini.  Cukup menghibur. Bahkan kita gurunyapun juga terhibur,  karena kepolosan mereka. Permainan yang gak butuh alat,  tapi lumayan seru.  Semoga tulisan ini juga menginspirasi kalian semua ya,  gak harus guru,  kalian bisa coba permainan ini sama siapa aja,  bisa sama teman-teman di kampus sambil tunggu dosen,  yang kalah suruh beli cemilan haha (jahat ya).

Nah segitu aja cerita aku kali ini,  semoga kita semua bisa ambil pelajarannya yah, gak semua yang ada di drakor itu jelek kok,  kita bisa dapet satu atau dua pengetahuan dari situ,  jadi pintar-pintarlah dalam memilih, yang baik diikuti,  yang buruk ditinggalkan (ngeles aja ini mah,  biar gak dikata buang-buang waktu terus setiap nonton drakor). Yapp akhir kata,  selamat bermain,  selamat mencoba.  😃😘

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Boleh tulis pendapatmu di kolom komentar ya!

LOVE, ZULFAZZAA

Zulfa Yunita Jamil